Gaptek

Cara Melihat Kondisi Mesin Mobil Bekas

Bagi sebagian orang mungkin mengira bahwa jika ada kerusakan baik karena umur dan hal lain pada mobil bekas harus dihindari tetapi seharusnya bisa menjadi patokan estimasi untuk kedepannya apa saja yang harus diperbaiki karena yang namanya mobil second tentunya digunakan untuk berkendara oleh si pengguna sebelumnya.

Dengan mengetahui kerusakan apa saja yang terdapat pada mobil impian kita menjadi tahu berapa besar pengeluaran untuk perbaikan maupun pembelian parts tersebut. Hal pertama yang biasanya dilakukan untuk menilai mesin mobil bekas adalah membuka kap mesin baik dalam kondisi panas ataupun dingin kemudian perhatikan fluida atau cairan yang terdapat di dalam mobil. Mulai dari radiator, wiper, minyak rem, oli, dan lainnya. Jika pengguna sebelumnya adalah orang tipe yang suka merawat mobil mereka akan selalu memperhatikan dan mengisi fluida secara teratur. Contohnya seperti air radiator yang sudah agak berkurang akan ditambahkan sampai penuh. Namun khusus untuk radiator memang sudah ada batasannya karena jika mengisi terlalu penuh maka airnya akan berkurang sendiri sesuai kapasitas.

Selain radiator, cairan lainnya yaitu air untuk wiper dan minyak rem pastikan dalam kondisi yang bagus. Misalkan jika dilihat cairan tersebut dilihat agak kurang sebenarnya hal itu wajar saja karena pemakaian. Tapi jika memang cairan tersebut kurangnya cukup banyak bisa jadi pemakai sebelumnya itu malas merawat mobil sehingga tidak memperhatikan soal fluida tersebut.

cara memilih mesin mobil bekas Cara Melihat Kondisi Mesin Mobil Bekas

Hal utama selanjutnya yang perlu diperhatikan ketika melakukan pengecekan mesin mobil yaitu soal oli mesin. Kondisi oli sangat penting apakah oli tersebut sudah sesuai dengan volumenya dan lihat warnanya apakah warnanya merah, kuning, hitam, coklat atau malah warnanya aneh seperti krem karena jika warna oli tersebut seperti krem maka perlu dicurigai bisa jadi air dari radiator sudah masuk ke dalam ruang mesin. Kalau seperti itu biasanya ongkos perbaikannya sangat mahal sehingga sebaiknya dihindari membeli mobil dengan kondisi tersebut dan jika anda tetap memaksa membeli kemudian menggunakan mobil itu untuk perjalanan jarak jauh dengan kondisi semacam itu bisa membuat mesin mobil jebol.

katup oli mesin Cara Melihat Kondisi Mesin Mobil Bekas

Bisa dilihat pada dipstick ukuran oli apakah volume olinya masih bagus dan bila ditemukan olinya berwarna hitam itu artinya sudah saatnya untuk mengganti oli serta yang paling penting tidak ada kontaminasi air yang membuat warna menjadi aneh.

Cara cek mesin mobil bekas matic

Pada mobil bermesin matic lihat juga dipstick oli transmisi maticnya apakah masih bagus dan sesuai volumenya. Oli transmisi biasanya lebih awet bila dibandingkan dengan oli mesin. bicara soal oli ada banyak pendapat mobil yang baru dibeli harus ganti oli mesin, oli transmisi dan cairan lainnya padahal sebenarnya kita perlu melihat kilometer dari mobil tersebut. Jika misalkan kilometernya masih rendah dan belum waktunya ganti oli ya sebetulnya tidak perlu mengganti oli dan ditunggu saja sampai batas kilometer untuk mengganti oli sehingga bisa menghemat anggarannya. Selain itu, bisa dilihat jika mobil memiliki service record yang baik sebaiknya cukup dilanjutkan saja juga tidak perlu khawatir soal oli. Pastikan juga menutup dengan rapat setelah mengecek oli.

mengetes cara periksa mesin mobil bekas Cara Melihat Kondisi Mesin Mobil Bekas

Setelah memeriksa oli dan air pada radiator dan wiper dalam kondisi bagus. Hal selanjutnya adalah melihat apakah ada kebocoran pada mesin tersebut. Biasanya pada sela-sela mesin suka ada cairan lengket dan oli yang terkadang sulit untuk dilihat karena tersembunyi. Agar lebih yakin, coba nyalakan mesin mobilnya lalu tunggu beberapa saat sambil memainkan gas sedikit dan lihat apakah ada cairan yang bocor pada mesin ketika dinyalakan.

Tips mengetahui kondisi mesin mobil bekas

Fluida atau cairan pada mesin tentu harus memiliki jalur yang lancar agar dapat bekerja dengan baik. Jalur tersebut berupa selang jadi selalu periksa selang pada mesin seperti kalau dipegang apakah masih elastis lentur atau sudah agak kaku. Tidak ada salahnya setelah membeli mobil bekas yang baru agar mengganti selang yang dirasa mengkhawatirkan terutama selang radiator supaya ketika digunakan tidak copot ataupun pecah. Tentu saja kalau selang pecah, copot atau bocor di tengah perjalanan sangat merepotkan. Penggantian selang dengan kondisi kurang bagus sebenarnya wajar karena pemakaian. Selain selang parts yang harus diperhatikan karena pemakaian adalah belt. Parts tersebut harus selalu dicek secara berkala karena parts tersebut memiliki waktu akibat dari pemakaian. Supaya mudah belilah mobil bekas yang masih ada buku service record lengkapnya agar kita dapat merencanakan estimasi kapan kita harus mengganti belt, selang, dan lainnya.

selang oli mesin Cara Melihat Kondisi Mesin Mobil Bekas

Setelah mengecek cairan yang pada pada mesin mobil. Lanjut kepada cek ekstra fan atau kipas untuk mendinginkan mesin yang pertama bisa dilihat dari kilometer mobil. Jika sudah tinggi bisa ditanyakan apakah sudah pernah mengganti ekstra fan, jika jawabannya belum akan lebih baik langsung diganti karena yang namanya ekstra fan terutama parts motor listriknya memiliki umur pemakaian. Jangan menunggu ekstra fan sampai mati karena jika mesin mengalami overheat maka kerusakannya bisa merembet ke bagian lainnya. Cara pengecekan kipas mesin harus dalam keadaan mobil menyala untuk melihat perputarannya normal atau bermasalah. Untuk fan zaman sekarang biasanya menggunakan motor listrik dengan fitur thermostats sehingga hanya menyala jika mesin sudah panas.

extra fan Cara Melihat Kondisi Mesin Mobil Bekas

Kalau anda membuka kap mesin pasti akan melihat banyak sekali kabel – kabel yang melintas. Kenali fungsi kabel tersebut untuk apa dengan menanyakan ke si penjual mobil. Karena yang namanya mobil bekas orang bisa jadi ada modifikasi seperti audio, klakson, ataupun lampu sehingga menjadi tidak standar. Gunakanlah kabel dengan kualitas yang baik dan tebal serta kalau bisa menggunakan sekring supaya jika terjadi koslet listrik langsung mati dan tidak membakar parts mesin mobil lainnya.

Cara mengetahui mesin mobil bekas masih bagus

Langkah selanjutnya yaitu merasakan getaran mesin ketika mobil sedang menyala apakah normal atau kasar untuk mengecek apakah engine mountingnya masih bagus atau sudah rusak. Kemudian nyalakan AC apakah ada getaran lain atau getarannya bertambah. Lalu injak gas sedikit apakah suara getaran mesinnya masih halus atau kencang sambil mendengarkan ritme suaranya apakah masih beraturan. Bila suaranya tidak beraturan bisa jadi ada parts yang bermasalah contohnya seperti koil atau busi sehingga performa mesin berkurang dan tentu saja membuat mesin lebih boros. Jika ditemukan suara aneh dan lebih berisik mungkin saja ada komponen yang mengalami keausan.

Jangan lupa selain mengecek mesin juga mengecek knalpotnya. Knalpot sendiri merupakan tempat pembuangan hasil pembakaran dari mesin. Patut dicurigai apabila knalpot mengeluarkan cairan hitam lengket seperti oli karena bisa jadi ada kebocoran dari mesin. Kalau dari hasil pembakarannya, terutama mobil bensin mengeluarkan emisi yang wajar dan patut diperhatikan apabila bau dan asapnya tidak wajar misalkan bau bensin serta mengeluarkan asap hitam atau putih yang pekat berarti ada sesuatu pada mesin yang harus diganti kemungkinan ring pistonnya harus diganti atau malah butuh turun mesin.

Tips Cara Mengecek Mobil Bekas

Pengecekan selanjutnya adalah pada bawah mobil, disini bisa terlihat apakah ada kebocoran atau tidak. Terutama untuk oli mesin jika bocor sedikit saja harus segera dibetulkan jangan menunggu sampai bocornya banyak karena kalau olinya kering itu sangatlah berbahaya.

Daftar hal yang harus diperiksa sebelum membeli mobil second

Lalu tidak ada salahnya untuk mengecek kondisi aki, biasanya kalau mobil yang masih baru menggunakan aki yang standar bawaan dari pabrik. Karena umur aki tergantung dari pemakaian maka gantilah aki sesuai umurnya supaya tidak mogok di jalan. Apabila mobil masih menggunakan timing belt lebih baik dilakukan penggantian apabila kilometernya sudah sangat tinggi jangan sampai menunggu putus.

memeriksa ruang mesin pada mobil Cara Melihat Kondisi Mesin Mobil Bekas

Pilihlah mobil bekas yang digunakan pemilik yang merawat mobilnya dengan service record yang bagus. Bisa langsung ditanyakan komponen apa saja yang sudah diganti contohnya kapan ganti filter udara, filter bensin, kemudian jenis bbm yang digunakan.

Tahap berikutnya adalah mengetes pendingin udara atau AC Mobil, ketika ac dinyalakan maka otomatis suara mesin akan berubah dan kipasnya akan menyala. Lalu dicek apakah semburan anginnya kuat, jika sebaliknya semburannya lemah dan tidak dingin maka kemungkinan dari filter ac atau evaporator yang kotor. Pastikan apakah ada kebocoran dari ac bisa dirasakan pada kabin kursi depan suka ada air yang menetes. Jikalau AC tidak dingin sama sekali artinya mesin AC tersebut bermasalah dan memang beberapa tipe mobil memiliki kendala semacam itu setelah dipakai lama jadi sebaiknya untuk ikut komunitas baik grup online atau mencari di google apa saja penyakit umum yang sering dialami oleh mobil tersebut karena setiap tipe mobil memiliki penyakit yang berbeda-beda. Jadi sebaiknya cari tahu lebih mendalam soal mobil idaman bekas tersebut baru setelah itu kita cek mobil yang akan dijual.

Leave a Comment